Mahasiswa KKN Dampingi Pembuatan Pupuk Organik

KKN

Mahasiswa Akademi Perawat (Akper) Yakpermas Banyumas dan Sekolah Tinggi Teknik (STT) Wiworotomo Purwokerto melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) vokasi di Kabupaten Pemalang.

Sebagian dari mereka akan melakukan pendampingan pembuatan pupuk organik pada masyarakat di Desa Kendalsari, Kecamatan Petarukan,dan di Desa Blimbing, Kecamatan Ampelgading.

Direktur Akper Yakpermas Banyumas, Wahju Purbo Juwono mengatakan, KKN vokasi di Pemalang akan diikutu 30 mahasiswa. Mereka akan ditempatkan di tiga wilayah yang masing-masing terdiri atas 10 mahaiswa. Mereka akan melakukan berbagai kegiatan pendampingan pada masyarakat selama KKN di masing-masing desa tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Khusus untuk mahasiswa yang KKN di Desa Blimbing dan Kendalsari akan melakukan pendampingan untuk pembuatan pupuk organik, sedangkan di Desa Belik perbengkelan sepeda motor.

Dua perguruan tinggi tersebut baru pertama kali melakukan KKN di wilayah Pemalang. Mereka akan melakukan KKN di tiga desa di tiga kecamatan yang berbeda, yaitu di Desa Kendalsari (Kecamatan Petarukan), Desa Blimbing (Kecamatan Ampelgading) dan Desa Belik (Kecamatan Belik).

Pelatihan Otomotif

Kepala P3M (Pusat Penelitian dan Pengabidan Masyarakat) STT Wiworotomo Purwokerto, Bambang Sugiantoro menyampaikan, pihaknya hanya mengirimkan tujuh mahasiswa yang nantinya akan melakukan KKN vokasi di Desa Wonokromo

Kecamatan Comal. Ketujuh mahasiswa tersebut akan fokus pada pemberdayaan masyarakat yaitu pelatihan perbaikan sepeda motor (otomotif) yang segmennya adalah para pemuda putus sekolah. Melalui koordinasi dengan kepala desa setempat peserta nantinya antara 15 sampai 20 peserta. Namun, jika lebih nanti akan disaring dan diprioritaskan kepada pemuda yang benar-benar ingin mencari kerja. ”Nantinya setelah pelatihan, akan ada bengkel kecil bagi mereka kendati kecil,” ujar Bambang, belum lama ini.

Dia mengatakan, sesuai dengan bidangnya di STT yaitu program studi Mesin, Industri dan Elektro, pihaknya semaksimal mungkin kegiatan yang dilakukan berdekatan dengan jurusan atau program studi tersebut.

Dari keduanya berharap kegiatan yang dilakukan di Pemalang, terutama di tiga desa tersebut diterima masyarakat dengan baik, dukungan dari Muspida dan masyarakat juga baik untuk pembelajaran bagi mahasiswa dan bagi desa-desa yang ditempati KKN mudah-mudahan masyarakatnya dapat terangkat ekonominya.

About Author: admin